PEMBUATAN ES POTONG(ES KADO) TANPA ELEKTRONIK

pada umumnya pembuatan es potong/ es kado pasti terkadang menggunakan elektronik atau alat semacamnya tapi disini (Ampah) aku menemukan sebuah penjual es potong yang tak menggunakan alat elektronik dalam pembuatan es potong.ya kata penjualnya saat aku tanya begini ” kalo menggunakan kulkas atau semacamnya kualitas esnya enggak bagus de” begitu katanya. jadi mereka hanya menggunakan alat yang….ya bisa dibilang sederhana hanya es batu, sebuah kotak besar(box) cetakan serta bahan bahan pembuatan es potong.

setahu saya, kemaren sempat tanya ma penjualnya ya iseng dikit katanya sih pembuatanya pertama-tama masukan dulu bahan es potong ke dalam cetakan kemudian masukan cetakan yang berisikan bahan tadi kedalam kotak besar(box) lalu isikan es batu sekitar 8 potong tergantung banyaknya es potong yang mau dibuat lalu taburi garam dan tutup. garam fungsinya supaya es tidak cepat meleleh dan tunggu sekitar 15-20 menit. setelah 15-20 menit es siap dinikmati/ dijual hehe       

About these ads

19 Komentar

Filed under Uncategorized

19 responses to “PEMBUATAN ES POTONG(ES KADO) TANPA ELEKTRONIK

  1. bagaimana penjelasannya secara fisika Bayu..?

  2. Tetep aja pakai listrik.. Es kan asalnya dari kulkas, dan kulkas pakai listrik

  3. wahh,,
    berbakat tuh mas jadi jualan es potong/kado aja..hee

  4. Assalaamu’alaikum BayuHeroes…

    Saya bersetuju dan membenarkan kaedah pembuatan es potong tanpa listrik di atas. Dengan menngunakan kaedah taburan garam atas es akan mempercepatkan rasa sejuk dan melambatkan kecairan pada es. Kaedah ini merupakan satu alternatif menjimatkan masa dan listrik.

    Hanya ramai yang tidak tahu dan kurang percaya kepada cara tradisional ini. Ini kaedah saintifik yang sudah diakui pakar sains sebelum adanya pembuat es menggunakan listrik. Satu kebijakan manusia dalam mencipta satu penemuan baru untuk kemudahan manusia.

    Terima kasih Bayu untuk kongsian yang ringkas ini. Menarik sekali. Ayuh… mari menulis lagi Bayu. kelihatannya kurang menulis nih.

    Salam mesra dari saya di Sarikei, Sarawak. :D

  5. Hadir lagi untuk memaklumi bahawa blog BayuHeroes sudah saya tautkan di ruang Dunia Sahabat, berikut:

    http://webctfatimah.wordpress.com/dunia-sahabat/

    Mohon dibuat semakan untuk masukan nama yang diperkenankan. Silak maklumi jika terdapat perubahan yang harus dilakukan.

    Terima kasih.

  6. sebenarnya gak sesimpel itu caranya,memang benar cara dasarnya seperti itu,es batu di taburi garam fungsinya untuk mendinginkan suhu ,es batu balok biasanya bersuhu 0 derajat celcius,jika di taburi garamkasar 1/2 kilo maka suhunya akan turun menjadi –79 atau kurang,dan es yang di letakkan dalam cetakan perlu di goyang agar santan atau bahan bahan lainya tidak mengendap dibawah cetakan dan jika sudah keras cetakan bisa di masukkan kedalam frezeer klo kedalam kulkas biasanya akan mencair kembali karena suhu kulkas kurang dingin di banding frezzer

  7. kalau cara buatnya gimana gan?

  8. ali agung sd

    aslam teoritsbt bagus tapi jika poduksi masal apa tida k kesulitan, aku pedangan es gaul yang dulunya pakai sestem ters\ebut tp tingkat kesulitanya disitu jika ermintaan banyak maka kami dengan sistemanual kamitidak mampu memenuhi permintaan palanggan ,, ahirnya kami menggunanakn fliser,tim asalam

  9. Anggi

    Aq minta tolng y?? Mba, resep es kadox, tlong d kirm y?? Mba mlalui email aq mba

  10. Rava imoot

    Setahu aku bikin es potong memang benar spt itu,adonan es yg terdiri dr santan,susu,gula,dls, dimasukan dlm box yg diberi es batu dan garam kasar kemudian di goyang2 sampai menjadi es potong tentunya

  11. Yono putra kusuma

    Bahan2 pembuat’an es kado itu apa aja guys…?,ax pengen buat n!h..

    • gk begitu tau, tapi mungkin agan bsa bca cranya di tips bkin es kado,,tpi setahu sya bhan adonan esnya terdiri dari santan, susu,gula, dmasukan dlam box yg diberi es batu dan ditaburkan garam kasar kemudian di goyang-goyang gan,,slam kenal sebelumnya gan

  12. dodoy

    Gan minta resepnya dong…

  13. ahmad

    ada foto cara buatnya g? biar pada ngerti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s