BELAJAR “UBUNTU”

Malam jum’at kemaren, tanggal 15 maret 2012 kira-kira pukul 19.00. rencananya mau nemenin temen buat konsultasi masalah power point sama mereka adit,wita. Berangkatlah kami malam itu pas sampai rumahya Pak Budi. Masuklah kami kedalam rumah. Lanjut cerita awalnya memang bicara masalah power point lalu pas temen saya (adit) buka-buka miscrosoft excel  eh kata pak Budi “ne da tantangan buat kamu” diberi tantangan buat mecahin rumus excel. Adit bilang oke, dia coba mecahin dan berhasil tapi cuma sampai angka puluhan.singkat cerita, berhujung udah malam temen saya wita pulang duluan jadi cuma saya sama adit yang tersisa kata adit dia lanjutin excelnya dirumah aja nyoba sampai angka lebih dari puluhan,” silahkan” kata pak budi. Eh tiba-tiba pak Budi neluarin sesuatu dari kota kecil sebuah benda dengan cover berbentuk kotak dan warnanya ungu. “Kalian tau ini apa?” kata pak Budi, ”liat bentar pang pak” kata kami lalu kami buka, ternyata dalamnya kaset, “kaset apa ini pak”adit bertanya. “Ini kaset instalan aplikasi linux namanya ubuntu,udah lama sih bapak dapat ini. Kiriman dari temen” panjang lebar pak Budi jelasin tentang apliksi itu. Sampai tiba pertanyaan dai pak Budi, “ mau nyoba nginstal dilebtop kalian?” ………………..” eeeeeeemmmmm boleh pak, tapi besok malam ja kami kesini lagi buat nginstalnya, soalnya udah malam” kami pun pulang.

Lanjut malam berikutnya, tanggal 16 maret 2012 tepatnya malam sabtu. Tapi kali ini nambah buka sama wita, tapi di ganti sama temen saya koco, jadi kami bertiga. Saya,koco, sama adit. Sampai ditempat tujuan eh ternyata temen-temen yang lain juga pada kesitu. Jadi penuh rumahnya Pak Budi soalnya mereka mau persentase power point. Langsung aja.pas nyoba nginstal pertama lebtop punya saya. tahap pertama berhasil tapi pas tahap ngirim data dari kaset kelebtop saya malah lama loading pengirimannya lambat. Hampir nunggu satu jam lebih, ya tepaksa dibatalin. “ optik dari disknya yang lemot bacanya” kata pa Budi. Jadi pupus deh harapan buat belajar linux huhu……………..lanjut adit yang nginstal eh pas adit malah cepet, begitu juga dengan koco. Cuma punya saya sekarang yang masih gak bisa, pas nyoba lagi dilebtop saya, tapi pak Budi ada bilang kalau udah pernah sekali gagal sulit buat berhasinya. Tapi kami tetep coba tapi temen saya adit yang nginstalinya, eh pas adit malah mau,,,syukur alhamdullilah…………….jadi bisa belajar linux walau dengan tahap yang menegangkan hehehe.ternyata aplikasi linux persi ubuntu malah lebih mengasikan apalagi walaupun undah diinstal ubuntu lebtopnya windowsnya gak kehapus soalnya instalnya pake inside windows, jadi bisa gunakan dua aplikasi jadi terserah mau yang mana. Apalagi ubuntu berguna buat windows. eemmmm gak sempet sih nambil foto pas proses nginstalnya, tapi ne foto kasetnya

Gambar

 

2 Komentar

Filed under Uncategorized

2 responses to “BELAJAR “UBUNTU”

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bayu…

    Wah… tambah mantap aplikasi komputernya setelah menginstall Ubuntu.
    Satu ilmu yang tentunya bermanfaat dalam meneroka alam teknolgi. Pak Budi memang guru yang berdedikasi untuk memajukan siswanya.

    Tulisan Bayu sudah ada perkembangannya. Menarik dibaca kerana ia melibatkan pengalaman seharian. Menulis lagi Bayu untuk menambah kemahiran yang sedia ada.

    Semoga sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s