MANGATAM

16 MEI 2012, PUKUL 17.15 WIB

Kelar euyyyyy…………memang sih prosesnya belum selesai semuanya hehe J,, tapi paling tidak yang penting proses MANGATAM (panen padi) sudah kelar jadi tinggal satu proses terakhir NGEDOS (memisahkan biji padi dengan tangkainya menggunakan mesin)jadi, apabila semua proses sudah kelar padi disimpan didalam KALUMPU (tempat menyimpan padi,bentuknya sama dengan karung namun lebih besar)dan misalnya persedian beras sudah mulai habis tinggal MENGGILING padi dipabrik (proses mengubahnya menjadi beras). Kalu gak salah hampir lima hari proses mangatam berlangsung,,hehe agak lama sih soalnya lumayan banyak (pless ngangkut tu padi ke pinggir sawah) memang sih tiap tahun kegiatan ini berlangsung tapi tahun ini yang saya rasa lebih berkesan enggak tau juga kenapa???(terlalu menghayati mungkin haha).

18 MEI 2012, PUKUL 13.25 WIB

            Proses NGEDOS berlangsung, sekitar 8 orang yang berperan dalam proses tersebut dan termasuk sana yang ikut berperan didalamnya (hehe). Hampir setengah hari proses NGEDOS berjalan termasuk dengan mengangkut padinya kerumah (pakai sepeda motor) kebayang gak tuh berapa kali saya pulang pergi??,, akhirnya sekitar pukul 16.25 WIB semua kelar dan selesailah semua proses dari kegiatan MANGATAM ini (ALHAMDULLILAH). eeeeeemmmm enggak sempat ngambil gambar pada saat kegiatan belangsung, soalnya enggak kepikir sebelumnya mau ngambil gambar tapi ya mending udah cerita lewat tulisan ini, jadi bisa tetap berbagi.

 

5 Komentar

Filed under Uncategorized

5 responses to “MANGATAM

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bayu…

    Satu aktivitas yang sihat selain dapat menambah pengalaman yang tentunya suatu masa ke depan mengatam tidak lagi dilakuksan secara tradisional. Menurut saya, mengatam padi bukan kerja yang mudah dan memerlukan keinginan yang bersungguh2 agar keluasan bendang padi dapat dihabisi dengan cepat.

    Saya juga berpengalaman dalam mengatam padi, mengedos dan menganginkannya (membuang sisa hampak) sebelum di simpan di dalam guni tali jerami dan menghantar ke kilang untuk diproses menjadi beras. Itu aktivitas semasa kecil dan remaja. Kini, keluarga saya tidak lagi mempunyai sawah bendang untuk menanam padi.

    Hmmm… jika dilakukan secara ramai, ia amat meriah sekali dan tidak merasai kepenantannya. Tambah lagi, sambil berehat makan nasi di tengah ruang bendang yang luas dengan ikan asinnya. Terkenang semasa dulu.😀

    Salam ceria selalu.

  2. Evi

    Ngedos itu bahasa apa sih Mas? Kalau mangatam mirip bahasa Minangkabau. Selain memotong padi dengan anai-anak, mangatam di kampung saya berarti juga menghaluskan permukaan kayu dengan alat yg disebut Katam..:)

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bayu…

    Hidup yang didalamnya penuh dengan keakraban kekeluargaan akan melahirkan suasana keluarga yang harmoni dan saling kasih mengasihi. Kekuatan dan kejayaan kita banyak disokong oleh kehidupan yang ceria dan membahagiakan.

    Semoga sukses dan jangan lupa menulis lagi untuk manfaat bagi kemahiran menulisnya.😀

    Salam sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s