KETUPAT BAKACAK

dari namanya sih bagi orang awam mungkin baru mendengar, ketupat bakacak eemmmmmmm….nama yang bikin penasaran?makanan jenis apa. kalau kata ketupatnya pasti sudah banyak yang tahu, tapi kali ini di tambah bakacak. awalnya saya dengar nama makanan ini dari teman saya, sebut saja namanya “Away” ketika itu saya pulang ke kampung halaman saya di Kalimantan Tengah, tepatnya di Ampah (Barito Timur) soalnya lagi libur semester, sekarang saya kuliah di kota Banjarmasin. lanjut cerita ketika dalam perjalanan pulang, waktu itu jam makan siang kami tiba di kota kandangan (Kalimantan Selatan)
“makan dulu yuk” celetus Away
“boleh juga, tapi makan apaan nih” sahut saya
“ketupay bakacak aja”
“hah?’ kata saya bingung
“sudahlah ntar kamu tahu, enak pokoknya”
tanpa panjang lebar saya mengiyakan saja, maklum saya juga baru denger ada nama makanan ketupat bakacak, temen saya ini asli orang Amuntai (Kalimantan Selatan) makanya dia tahu tentang ketupat ini.
oke… tanpa paanjang lebar saya bakal jelasin sedikit apa sih ketupat bakacak itu? ayo tebak apa? haha
makanan ini merupakan kuliner khas yang berasal dari daerah Kandangan, Kalimantan Selatan. Seperti ketupat pada umumnya, bahan untuk membuat ketupat berasal dari beras. Perbedaan ketupat Kandangan dengan jenis ketupat lainnnya adalah penggunaan ikan haruan (ikan gabus), “ikan haruan itu sebutan masyarakat Kalimantan Selatan”.
Kemudian, Ikan Gabus beserta kuahnya disiramkan ke ketupat. Kuliner ini dapat dimakan untuk makan pagi, siang atau malam.Ketupat disiram dengan kuah bersantan yang diracik dari bumbu-bumbu tradisional seperti kayu manis, pala, cengkih, dan kapulaga. Kuah agak kental dengan rasa yang sangat khas gurih. sebenarnya ikan gabus sendiri bisa diganti dengan lauk lainnya seperti ayam , tapi di sini kenapa menggunakan ikan gabus? karena ikan gabuslah yang menjadi ciri khas ketupat bakacak ini, nah kenapa bisa sebut ketupat bakacak? karena makanya pakai tangan bukan pakai sendok. “Jangan pakai sendok, makannya harus pakai tangan.” itu kata yang terlontar dari mulut teman saya ketika saya mau ambil sendok. rasanya memang benar-benar gurih, pokonya “nyaman banar” kata orang Banjarmasin.
harganya pun cukup murah, satu porsi cuma sepuluh ribu, tapi gak di hitung dengan minumnya hehehe………..

ketupat-kandangan1

ketupat-kandangan-201106281621174058

SELAMAT MENIKMATI…………….

6 Komentar

Filed under Uncategorized

6 responses to “KETUPAT BAKACAK

  1. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bayu….

    Sangat enak sekali ketupat bakacak apabila melihat kepada foto yang dipaparkan. Makannya pula dengan tangan tanpa sudu. Kalau gitu, gimana mahu dihirup kuahnya. Pasti hanya makan ketupat dan ikan haruan aja.

    Kalau saya, makan berkuah harus dihirup kuahnya. Cuma sayangnya, saya tidak suka makan ikan. Mungkin bisa diganti dengan ayam ya. Melihat makan ketupat bakacak mengingatkan saya dengan sayur lodeh di Malaysia. Apa Bayu tahu apa itu Sayur Lodeh ? Mungkin sama juga namanya di sana ya.

    Selamat menjamu selera.😀

    • waalaikumsallam bunda…..
      pokoknya pke tangan itu lebih enak bunda, ntar kpan” berkunjung ke indonesia bunda hahaha…..
      ya intinya tergantung selera bunda, tpi ciri khasnya dsini pke ikan gabus(haruan)
      sayur lodeh?di indonesia namanya juga seperti itu, biasanya bahasa masyarakatnya kalimantan selatan disebut “gangan nangka”
      eeemmmm jadi kepengen nyicipi sayur lodeh dari Malaysia bunda hihihi
      salam hangat dari saya

  2. Assalaamu’alaikum wr.wb, Bayu…

    Marhaban yaa Ramadhan..
    Pucuk selasih bertunas menjulang
    Dahannya patah tolong betulkan,
    Puasa Ramadhan kembali menjelang,

    Semoga amal ibadah kita diterima Allah dan amalan kita semakin bertambah baik dari sebelumnya.

    Salah dan khilaf mohon dimaafkan.
    Selamat Menunaikan Ibadah puasa

    Salam Ramadhan dari Sarikei, Sarawak.😀

  3. Bayu, Selamat Hari Raya dan Maaf Zahir Bathin.😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s