Category Archives: Uncategorized

PERJALANAN

Tepatnya kamis, 7 juni 2012, berangkat dari rumah pukul 06 lewat 15 menit menuju kota Banjarmasin , memang bukan hal pertama aku berangkat ke kota Banjarmasin sebelum-sebelumnya sudah beberapa kali aku kesana tapi kali ini yang membuat beda dari keberangkatan ku sebelumnya,,hayo apa coba????eeemmmm kali ini aku berniat berangkat menggunakan sepeda motor soalnya sebelumnya cuma pakai bis atau sejenisya. Tapi kali ini ingin merasakan sensasi yang berbeda karena kali ini mau ngurus kuliah, jadi susah disananya kalo enggak ada kendaraan sendiri. Enggak sendiri juga aku berangkatnya, berdua ditemani seorang ayah. Singkat cerita(hehe),,

 Setelah perjalanan dari Ampah (KALTENG) tibalah di kota Amuntai(KALSEL) (kira” 3 jam perjalanan) disinalah tantangan pertama pas lampu merah ada 3 persimpangan,, bingung ne mau milih jalan yang mana?mana aku memang gak tau sama sekali (he..)tanya deh sama tour guide hahaha….(ayah) “coba belok kanan,,”kata ayah. Udah belok kanan,terus sekitar 15 meter didepan ada 3 simpangan lagi..lurus aja kata ayah,ya aku nurut aja,,lalu sekitar 10 meter ada 3 persimpanagan lagi nah disni ayah yang agak ragu, coba lurus aja dan sekalian cari tempat jual bensin soalnya udah mau abis hehe..disini basa-basi bentar ma penjual bensinnya nanya jalan menuju Banjarmasin,, kata ini penjual seharusnya belok kanan pas ada persimpanagan tadi bukanya lurus kesini kata tu penjual,,huh selamet hehe,,,,. Perjalanan dilanjutkan, dari disini sudah gak nanya-nanya lagi soalnya sudah ada papan penujuk jalanya.

Singkat cerita lagi,,,tibalah di kota Banjarbaru kira-kira pukul 13.30 waktu bagian barat. Sebelumnya sempat mampir di Kota Rantau buat makan siang. Lanjut,,pas ditugu Banjarbaru yang paling besar,, sempat salah jalan lagi seharusnya kearah Bandara ini malah kebabaslan ke arah kampus UNLAM (kedokteran) Banjarbaru haha….untung sempat nyadar,,itu juga nanya lagi ma orang buat meyakinkan lagi hehe…DAN AKHIRNYA JRENGGG…..3X,, sampailah di Kota tujuan yaitu Banjarmasin, langsung hubungi keponakan yang kuliah di Banjarmasin dan dijemputlah di Pal Enam soalnya kami bilang nunggu disitu..huh dah kelar deh perjalanan kali ini, dan merupakan pengalaman yang tak akan terlupakan bersama ayah……

4 Komentar

Filed under Uncategorized

MANGATAM

16 MEI 2012, PUKUL 17.15 WIB

Kelar euyyyyy…………memang sih prosesnya belum selesai semuanya hehe J,, tapi paling tidak yang penting proses MANGATAM (panen padi) sudah kelar jadi tinggal satu proses terakhir NGEDOS (memisahkan biji padi dengan tangkainya menggunakan mesin)jadi, apabila semua proses sudah kelar padi disimpan didalam KALUMPU (tempat menyimpan padi,bentuknya sama dengan karung namun lebih besar)dan misalnya persedian beras sudah mulai habis tinggal MENGGILING padi dipabrik (proses mengubahnya menjadi beras). Kalu gak salah hampir lima hari proses mangatam berlangsung,,hehe agak lama sih soalnya lumayan banyak (pless ngangkut tu padi ke pinggir sawah) memang sih tiap tahun kegiatan ini berlangsung tapi tahun ini yang saya rasa lebih berkesan enggak tau juga kenapa???(terlalu menghayati mungkin haha).

18 MEI 2012, PUKUL 13.25 WIB

            Proses NGEDOS berlangsung, sekitar 8 orang yang berperan dalam proses tersebut dan termasuk sana yang ikut berperan didalamnya (hehe). Hampir setengah hari proses NGEDOS berjalan termasuk dengan mengangkut padinya kerumah (pakai sepeda motor) kebayang gak tuh berapa kali saya pulang pergi??,, akhirnya sekitar pukul 16.25 WIB semua kelar dan selesailah semua proses dari kegiatan MANGATAM ini (ALHAMDULLILAH). eeeeeemmmm enggak sempat ngambil gambar pada saat kegiatan belangsung, soalnya enggak kepikir sebelumnya mau ngambil gambar tapi ya mending udah cerita lewat tulisan ini, jadi bisa tetap berbagi.

 

5 Komentar

Filed under Uncategorized

ALHAMDULLILAH

ALHAMDULLILAH,……Akhirnya kelar juga, tinggal tes aja nanti tanggal 12 dan 13 juni. Awalnya sih memang agak susah, soalnya baru pengalaman pertama apalagi pas baca persyaratan foto yang sedikit ribet. Tanya sama temen yang sedikit mengerti cara ngedit foto, pasnya dia juga ikut yang jalur ini. Diberilah aplikasi buat ngeditnya, ketika udah sampai rumah pengen langsung nginstal pas nginstal ehhh tiba-tiba antivirus punya aku ngebaca ada virus, disuruhlah sama tu anti virus buat scan ya aku scan (takut ada apa-apa) pas kelar scannya malah ikut kehapus tu aplikasi, tambah ribet jadinya pasnya lagi tu temen aku udah berangkat ketewe. Pikir-pikir coba tanya sama mbah GOOGLE. Dapet, teryata pake aplikasi photoshop juga bisa kebetulan aku udah ada aplikasinya, langsung coba Otak-atik hampir setengah hari, akhirnya………….. bisa juga,, Lega rasanya udah ketemu. Enggak mau tanggung-tanggung hari itu langsung daftar . kelar daftar udah punya formulirnya tinggal tes, semoga lancar Dan LULUS (Amin)

2 Komentar

Filed under Uncategorized

KALENDER

Eemmmmmmmmmmmm……………….hari selasa, kira-kira pukul 19.40.buka lebtop, dengerin lagu, lama kelamaan iseng-iseng buka microsoft office publisher, padahal sih sebenarnya besok ulangan tapi udah belajar sih sebelumnya hehe. Pas otak-atik sana sini kepikiran pengen bikin kalender yang ada foto-foto temen biar berkesan gitu hehe :D.eh taunya bisa tapi kalendernya dalam bentuk foto,,gak begitu bagus juga ya itung-itung bikin kreasi mumpung lagi pengen. Ne foto kalendernya selamat menikmati (kayak makan aja hehe)

9 Komentar

Filed under Uncategorized

BELAJAR “UBUNTU”

Malam jum’at kemaren, tanggal 15 maret 2012 kira-kira pukul 19.00. rencananya mau nemenin temen buat konsultasi masalah power point sama mereka adit,wita. Berangkatlah kami malam itu pas sampai rumahya Pak Budi. Masuklah kami kedalam rumah. Lanjut cerita awalnya memang bicara masalah power point lalu pas temen saya (adit) buka-buka miscrosoft excel  eh kata pak Budi “ne da tantangan buat kamu” diberi tantangan buat mecahin rumus excel. Adit bilang oke, dia coba mecahin dan berhasil tapi cuma sampai angka puluhan.singkat cerita, berhujung udah malam temen saya wita pulang duluan jadi cuma saya sama adit yang tersisa kata adit dia lanjutin excelnya dirumah aja nyoba sampai angka lebih dari puluhan,” silahkan” kata pak budi. Eh tiba-tiba pak Budi neluarin sesuatu dari kota kecil sebuah benda dengan cover berbentuk kotak dan warnanya ungu. “Kalian tau ini apa?” kata pak Budi, ”liat bentar pang pak” kata kami lalu kami buka, ternyata dalamnya kaset, “kaset apa ini pak”adit bertanya. “Ini kaset instalan aplikasi linux namanya ubuntu,udah lama sih bapak dapat ini. Kiriman dari temen” panjang lebar pak Budi jelasin tentang apliksi itu. Sampai tiba pertanyaan dai pak Budi, “ mau nyoba nginstal dilebtop kalian?” ………………..” eeeeeeemmmmm boleh pak, tapi besok malam ja kami kesini lagi buat nginstalnya, soalnya udah malam” kami pun pulang.

Lanjut malam berikutnya, tanggal 16 maret 2012 tepatnya malam sabtu. Tapi kali ini nambah buka sama wita, tapi di ganti sama temen saya koco, jadi kami bertiga. Saya,koco, sama adit. Sampai ditempat tujuan eh ternyata temen-temen yang lain juga pada kesitu. Jadi penuh rumahnya Pak Budi soalnya mereka mau persentase power point. Langsung aja.pas nyoba nginstal pertama lebtop punya saya. tahap pertama berhasil tapi pas tahap ngirim data dari kaset kelebtop saya malah lama loading pengirimannya lambat. Hampir nunggu satu jam lebih, ya tepaksa dibatalin. “ optik dari disknya yang lemot bacanya” kata pa Budi. Jadi pupus deh harapan buat belajar linux huhu……………..lanjut adit yang nginstal eh pas adit malah cepet, begitu juga dengan koco. Cuma punya saya sekarang yang masih gak bisa, pas nyoba lagi dilebtop saya, tapi pak Budi ada bilang kalau udah pernah sekali gagal sulit buat berhasinya. Tapi kami tetep coba tapi temen saya adit yang nginstalinya, eh pas adit malah mau,,,syukur alhamdullilah…………….jadi bisa belajar linux walau dengan tahap yang menegangkan hehehe.ternyata aplikasi linux persi ubuntu malah lebih mengasikan apalagi walaupun undah diinstal ubuntu lebtopnya windowsnya gak kehapus soalnya instalnya pake inside windows, jadi bisa gunakan dua aplikasi jadi terserah mau yang mana. Apalagi ubuntu berguna buat windows. eemmmm gak sempet sih nambil foto pas proses nginstalnya, tapi ne foto kasetnya

Gambar

 

2 Komentar

Filed under Uncategorized

HADIAH UNTUK PELITA HATI

Sehelai daun kering tepat jatuh diujung kakiku, bersamaaan dengan tenggelamnya sang surya. “Lina” suara samar-samar memaanggilku. Suara itu berasal dari sebuah rumah sederhana dan dari seorang ibu yang berjasa bagi hidupku. “Lin, lajui1 masuk satumat2lagi azan magrib” suara itu kembali memanggilku, “iya bu, sebentar” sahutku. Aku beranjak dari sebuah kursi panjang tua yang berada dibawah pohon,paling hanya beberapa meter dari teras ku, disinilah biasanya aku melepas lelah sembari membaca novel kesayanganku karya penulis terkenal Habiburrahman El Shirazy.

Ku percepat langkahku beranjak memasuki rumah, terdengar suara sayup azan pertanda waktunya menghadap sang pencipta. Hampir lupa, namaku Lina lengkapnya Lina Puspita Sari seorang mahasiswa diuniversitas UNLAM. Aku anak pertama dari dua bersaudara jadi aku yang paling tua dan adikku dia masih berumur delapan tahun namanya Eza, Eza Saputra lengkapnya. Kami berdua hanya tinggal bersama ibu. Ayah? Seorang pria yang tak bertanggung jawab dia lebih memilih meninggalkan ibu dan kami berdua semenjak ibu mulai sakit-sakitan bahkan parahnya lagi dia lebih memilih perempuan lain.

Semenjak ayah meninggalkan ibu, ibulah yang bekerja keras menghidupi kami berdua walaupun ibu seorang pensiunan PNS tapi tetap saja bagi ibu itu tidak cukup memenuhi semua. Pernah suatu ketika aku bilang kepada ibu, “bu, sudahlah ibu tidak usah lagi pergi memantat3, gajih pensiunan ibu juga sudah cukup. Lagian Lina sembari sekolah Lina juga mengajari les pripat jadi gajih Lina juga cukup untuk menutupi apabila ada kekurangan.”

Ibu hanya tersenyum mendengar perkataan ku,hal itu yang membuat aku kagum pada ibu walaupun usia senja sudah menggerogoti tubuhnya tapi tetap saja bekerja.

 Rasa tanggung jawab yang tinggi terhadap anak-anaknya ditambah lagi ibu sabar dalam mendidik kami, itulah yang membuat aku kagum pada ibu. Bagiku ibu adalah sosok yang tak akan tergantikan dengan apapun sosok yang penuh makna dihidupku.

“Kring….kring…..” suara bising itu membangunkanku, kuraih jam wieker yang berada diatas meja samping kanan tempat tidurku. Jam 05.10 pagi, aku beranjak dari tempat tidurku walaupun sebernya mata ini masih terasa berat, ingin rasanya merebahkan diri beberapa menit.

(1)Cepat. (2)Sebentar. (3)Suatu pekerjaan yang bertujuan untuk mengumpulkan getah pohon karet dengan cara dipahat.

 Aku berjalan menuju kamar mandi, kulirik sebentar kalender yang terpampang didinding dan kulihat suatu garis melingkar ditulis dengan tintah merah tertera situ, kuingat-ingat kenapa aku melingkari tanggal 16 Juli, aku terdiam sejenak sambil mencoba mengitatnya. “dharrrrrrr” aku teringat sesuatu, “ astaga hampir lupa adalah hari yang penting bagi ibu, hari ini genap 62 tahun usia ibu.” Aku bergegas menuju kamar mandi. Hari ini akan kubuat kejutan untuk ibu, kejutan yang terindah dihari ulang tahun ibu walaupun tanpa sosok seorang ayah.

            Aku masuk pagi kuliah hari ini, Kulihat sikap ibu biasa-biasa saja waktu sarapan pagi ini tak ada yang ganjal mungkin ibu sudah lupa dengan hari ulang tahunnya, tapi wajar ibu sudah tua pastilah ibu sudah tidak begitu memikirkan hal seperti itu. Selesai sarapan aku bergegas berangkat kuliah, sekalian mengantar Eza berangkat sekolah. Kupikirkan kejutan apa yang bakal ku berikan pada ibu, kejutan yanh tidak terlalu meriah namun berarti bagi ibu.

Selesai kuliah aku pergi ketoko bunga, kupilih anggrek putih untuk ibu. Ibu pernah bapadah1 bahwa ibu sangat suka pada anggrek putih, tapi aku tak batakun2 kenapa ibu lebih suka anggrek putih dari pada bunga lain, lagian kalau aku batakun pastilah ibu hanya tersenyum dan tak mau memberitahukan alasanya.

 Selesai membeli bunga aku pergi kesebuah toko pakaian, pikirku kurang lengkap kalau hanya bunga aku ingin belikan ibu suwiter  dan kudapatkan suwiter yang cocok untuk ibu, dengan warna putih.Kulirik jam tangan menunjukan pukul 16.23 sore, sekarang semuanya sudah cukup tinggal memberikan kejutan untuk ibu, tapi sebelum pulang jemput Eza katanya hari ini dia les bahasa inggris maklum anak itu sangat suka bahasa inggris. Ku jalankan motorku menuju tempat les Eza dan sesampai disana ternyata dia sudah menunggu lebih dulu.

“lamanya kakak jemput, sudah dari tadi ade kelar lesnya.”

“ ya maaf de tadi ada yang kakak cari sebentar, sudahlah jangan cemberut lagi gak bagus dilihatnya.”

Aku tiba dirumah kubuka pintu perlahan,pikirku biar ibu tidak tau bahwa kami                               sudah pulang soalnya Eza juga sudah kuberi tahu tentang kejutan ini jadi dia hanya mengikuti perintahku. Kami berjalan perlahan menyusuri ruang tengah,menuju kamar ibu. Kubuka perlahan pintu kamar ibu,

(1)Bilang, memberitahukan. (2) bertanya.

 

 dan “selamat ulang tahun ibu” bersamaan dengan itu aku terkejut melihat sosok tubuh yang tergeletak tak sadarkan diri dengan darah bercucuran dikepala,

sosok itu adalah ibu itu semakin membuat tubuhku gemetar dan tak sanggup berkata apa-apa lagi, tubuhku terasa kaku bagai ditusuk beribu-ribu pisau tajam,hingga aku tersungkur tergeletak tak sadarkan diri.

 

 

2 Komentar

Filed under Uncategorized

MENGAPA MESTI 45????

Angka 45 biasanya sering digunakan sebagai penyataan sesuatu untuk memberi semangat..,,contohnya saja “ayo semangat 45” dan lainya. kenapa mesti angka 45 yang tertertera dalam ungkapan,kenapa enggak huruf yang lain misalnya saja 46,47,48,49 atau yang lainya,,kenapa mesti 45???atau mungkin angka 45 sering digunakan karena angka ini adalah anggka terakir dari tahun kemerdekaan negara Indonesia yaitu dari tahun 1945 jadi angka terakhir yang dipakai,tapi kenapa enggak lengkap saja disebutkan kalo memang benar itu sebabnya kan jadinya akan lebih jelas tahunnya ,,contohya “semangat 1945“. Malah mungkin ada penyebab lain!!!!!!!!

5 Komentar

Filed under Uncategorized

MEMPERINGATI SUMPAH PEMUDA DI BLT

SUMPAH PEMUDA ,,,,,,,,,,,,yang diperingati tanggal 28 oktober kini mulai terasa pasalnya hari tersebut diperingati diGEDUNG BATARA LINGGAR ,Ampah malam itu sekitar jam 8 malam sekaligus dalam rangka pembagian hadiah pemenang lomba dalam rangka HUT RI KE-65 walaupun malam itu diguyur hujan lebat tapi tak mematahkan semangat bagi para masyarakat kota AMPAH UNTUK MEMPERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA…………..ini beberapa foto yang sempat saya ambil dalam acara sumpah pemuda

ya meskipun kurang lengkap saya mengambilnya.

Malam itu pun perinatannya dilengkapi dengan penampilan-penampilan band yang berbakat dikalangan kota Ampah, tarian khas khas kalimantan misalnya dadas bawo, bahalai , giring-giring malahan dan lain sebagainya.

peringatan tersebut memekan waktu yang cukup lama, berakir sampai jam 01.00 malam. Dalam acara itu pun diberikan juga penghargaan kepada para pemenang lomba mengomentari blog ( forumborneo.com). Pemenag yang berhasil memenagkan lomba tersebut adalah mega, robi , dan hairullah dan diantara 3 pemenag tersebut ada 2 orang yang berasal dari anggota WMS yaitu mereka Hairullah dan Mega Silvia. Pokoknya peringatan sumpah pemuda malam itu dilaksanakan dengan meriah dan hikmat meskipun tak begitu mewah yang penting rasa jiwa sosialisme yang membara terhadap para pemuda-pemudi dinegara kita.

 

2 Komentar

Filed under Uncategorized

REBUNG SI ANAK BAMBU

rebung/ si anak bambu biasanya hanya dibiarkan begitu saja tanpa dioleh menjadi sesuatu yang berguna tapi didaerah kalimantan tengah (Ampah) banyak yang mengonsumsi rebung sebagai sesuatu yang bisa digunakan sebagai bahan lauk pauk yang biasanya dipadukan dengan berbagai bahan sayuran lainanya seperti labu(waluh) , jagung dan lainya.misalnya seperti dioseng(sesuatu yang digoreng denagn campuran bahan-bahan lain) lalu dibuat gangan( sesuatu yang berbentuk kuah) maka dari itu sebenarnya kegunaan rebung sngatlah ada bahkan banyak kedai makanan didaerah ampah yang menggunakan bahan rebung sebagai menu yang disajikan.                                                                                                                                                                                 bahkan diacara acara seperti pernikahan dan lainya rebung juga jdi salah satu menu andalan yang juga disajikan serta banyak acara-acara yang lainya. oleh karena itu rebung bukanlah bahan yang sembarangan karena rebung juga bisa membuat lidah kita bergoyang.

4 Komentar

Filed under Uncategorized

PEMBUATAN ES POTONG(ES KADO) TANPA ELEKTRONIK

pada umumnya pembuatan es potong/ es kado pasti terkadang menggunakan elektronik atau alat semacamnya tapi disini (Ampah) aku menemukan sebuah penjual es potong yang tak menggunakan alat elektronik dalam pembuatan es potong.ya kata penjualnya saat aku tanya begini ” kalo menggunakan kulkas atau semacamnya kualitas esnya enggak bagus de” begitu katanya. jadi mereka hanya menggunakan alat yang….ya bisa dibilang sederhana hanya es batu, sebuah kotak besar(box) cetakan serta bahan bahan pembuatan es potong.

setahu saya, kemaren sempat tanya ma penjualnya ya iseng dikit katanya sih pembuatanya pertama-tama masukan dulu bahan es potong ke dalam cetakan kemudian masukan cetakan yang berisikan bahan tadi kedalam kotak besar(box) lalu isikan es batu sekitar 8 potong tergantung banyaknya es potong yang mau dibuat lalu taburi garam dan tutup. garam fungsinya supaya es tidak cepat meleleh dan tunggu sekitar 15-20 menit. setelah 15-20 menit es siap dinikmati/ dijual hehe       

19 Komentar

Filed under Uncategorized